parenting

Senin, 1 Mei 2023

6 Tips Aman Mengonsumsi Mie Instan Bagi Ibu Hamil

Jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan dampak buruk seperti kerusakan jaringan otak.


Cahyaningrum
Ilustrasi ibu hamil [pixabay]

Kabar ditariknya salah satu merek mie instan populer buatan Indonesia karena disinyalir memicu penyait kanker membuat publik ketar-ketir. Apalagi, tidak sedikit ibu hamil yang ternyata masih doyan mengosumsi makan cepat saji ini saat mengandung.  

Apakah boleh ibu hamil makan mie instan

Tidak ada aturan yang melarang ibu hamil makan mie instan, namun harus benar-benar diperhatikan aturannya.

mie instan mengandung zat kimia yang dapat  berdampak buruk pada kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Apalagi, ibu hamil waji memperhatikan apapun asupan makan ke dalam tubuh demi kesehatan janin.

Dalam kemasan mie instan mengandung komposii seperti vitamin A, B1, B6, B12, C, karbohidrat, serat, lemak, kalsium, zat besi, dan asam folat.

Namun, kandungan di atas tentunya tidak cukup untuk kebutuhan yang diperlukan ibu hamil dan janin. Justru, lebih banyak kandungan zat yang tidak baik bagi pertumbuhan si jabang bayi.

Ada kandungan zak adiktif dalam mie instan. Tentunya ini sangat berbahaya bagi kesehatan janin dalam rahim moms. Zak adiktif tersebut biasa digunakan untuk menambah kelezatan mi yang bisa mengaggu jaringan otak moms dan janin.  

Sebaiknya hindari mengonsumsi mie instan secara berlebihan dan ganti dengan makan sehat seperti sayuran dan daging segar.

Kemungkinan terjadinya kelainan atau kerusakan pembentukan organ pada janin sangat besar, jika moms mengonsumsi mie instan secara berlebihan.

Berikut tips aman mengonsumsi mi instan bagi ibu hamil:

1. Rebus mie menggunakan 2 kali takaran air dari yang disarankan.

2.Tiriskan mie lalu buang air rebusannya.

3. Masukkan mie ke dalam air yang telah dipanaskan agar cita rasa mie yang khas tidak hilang.

4. Tambahkan bahan pelengkap sehat ke dalam mie seperti sayuran, ayam, telur, maupun ikan untuk melengkapi kandungan gizinya.

5. mie instan boleh disantap sekali waktu dan dilarang lebih dari 3 kali dalam seminggu.

6. Konsumsi asupan makanan bergizi seperti buah, sayur, daging, ikan, dan susu. 

Tag mie instan mie capcay sagu mie kari resep mie kari mayo

Terkini