lifestyle

Sabtu, 14 September 2024

Posisi Jerawat Bisa Ungkap Kondisi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Tak banyak yang tahu, posisi jerawat bisa ungkap kondisi kesehatan tubuh.


IndoParents Editor
Ilustrasi. (pexels/Anna Nekrashevich)

Jerawat di wajah sering kali dianggap sebagai hal biasa dan kerap diabaikan oleh sebagian besar orang. Namun tak banyak yang tahu, posisi Jerawat bisa ungkap kondisi kesehatan tubuh.

Kemunculan Jerawat biasanya berkaitan dengan perubahan hormon dan pola makan. Tidak heran jika dalam beberapa kondisi, Jerawat tiba-tiba muncul di area wajah kamu.

Wajah yang berJerawat juga kerap tidak sedap dipandang sehingga membuat banyak orang buru-buru menanganinya. Patut diketahui, begini arti posisi Jerawat yang bisa ungkap kondisi kesehatan tubuh kamu.

Posisi Jerawat dan artinya untuk kondisi kesehatan tubuh

1. Jerawat di dahi

Jerawat di area dahi bisa jadi pertanda bahwa pencernaan kamu sedang tidak baik-baik saja atau bermasalah. Beberapa penelitian menyebut dahi memiliki kaitan dengan sistem pencernaan tubuh.

Tidak hanya itu, Jerawat di dahi juga bisa menjadi pertanda bahwa kulit memproduksi banyak minyak yang kemudian menyebabkan hal ini muncul.

2. Jerawat di hidung

Dalam beberapa kondisi, Jerawat di hidung berarti kamu memiliki masalah pada sirkulasi darah dan jantung. Hal ini karena hidung memiliki kaitan dengan sistem kardiovaskular dan tekanan darah akibat makanan tinggi lemak jenuh.

Kondisi hidung yang memiliki pori-pori besar membuat produksi minyak meningkat dan rentan tersumbat. Hal ini yang kemudian menyebabkan Jerawat mulai muncul.

3. Jerawat di pipi

Jerawat di pipi menjadi tanda bahwa kamu mungkin bermasalah dengan paru-paru dan sistem pernapasan. Jika kamu adalah perokok berat, jangan kaget jika Jerawat justru sering muncul di lokasi ini.

Tidak hanya itu, kondisi polusi dan udara kotor juga menjadi penyebab Jerawat mulai muncul di pipi. Sebagai jaga-jaga, pastikan untuk tidak memegang wajah dengan tangan kotor.

4. Jerawat di dagu

Ketika kamu mulai mengalami masa menstruasi, Jerawat di dagu justru sering muncul. Hal ini karena terjadinya ketidakseimbangan hormon yang terjadi. Area ini biasanya sangat sensitif dengan fluktuasi hormon tubuh.

Selain karena menstruasi, hormon yang tidak stabil ini bisa saja karena stres atau pola tidur yang buruk. Hal ini yang kemudian membuat Jerawat muncul di dagu.

5. Jerawat di telinga

Meskipun jarang, Jerawat di telinga pasti pernah kamu alami. Kondisi kesehatan yang berkaitan dengan kemunculan Jerawat ini adalah karena masalah pada ginjal.

Kamu perlu meminum banyak air dan memberi tambahan nutrisi agar Jerawat di telinga tidak sering muncul. Pastikan untuk mengurangi kopi dan minuman bersoda jika kamu mengalami Jerawat di area tersebut.

Posisi Jerawat di wajah bukan hanya soal penampilan, tapi bisa menjadi tanda kondisi kesehatan tubuhmu. Jadi, jangan abaikan jika kamu sering mengalami Jerawat di area-area tersebut ya.

Tag jerawat

Terkini