lifestyle

Minggu, 7 Juli 2024

Kapan Waktu yang Tepat untuk Bersihkan Karang Gigi? Jangan Diabaikan!

Tidak bisa diremehkan, kapan waktu yang tepat untuk bersihkan karang gigi?


IndoParents Editor
Ilustrasi. (pexels/Cedric Fauntleroy)

Menjaga kesehatan mulut adalah hal penting dan tidak bisa disepelehkan begitu saja. Jangan diabaikan, kapan waktu yang tepat untuk bersihkan karang gigi?

karang gigi adalah lapisan keras dari plak yang menumpuk di gigi. karang gigi memberikan sejumlah pengaruh buruk untuk area mulut jika tidak ditangani dengan tepat.

Menurut American Dental Association (ADA), karang gigi bisa menyebabkan berbagai masalah, seperti gigi berlubang, penyakit gusi, dan bahkan bisa bikin gigi tanggal lebih cepat.

Selain itu, kalau dibiarkan, karang gigi bisa membuat gigi menjadi rusak hingga bau mulut. Tidak bisa diremehkan, kapan waktu yang tepat untuk bersihkan karang gigi?

1. 6 bulan sekali

Para ahli dan dokter menyarankan agar kamu membersihkan karang gigi setiap 6 bulan sekali. Dr. Kevin Sands menyebut jika membersihkan karang gigi dua kali dalam setahun bisa membantu kamu mencegah masalah gigi serius. Selain itu, hal ini juga penting untuk menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan.

2. Kondisi mulut terasa tidak nyaman

Hal-hal seperti gusi berdarah atau bau mulut yang tidak kunjung hilang juga bisa menjadi tanda kamu harus segera membersihkan karang gigi ke dokter gigi terdekat.

Seorang ahli kesehatan gigi, Dr. Chris Kammer menyebut bahwa bau mulut dan gusi berdarah adalah tanda awal adanya masalah serius pada gigi dan gusi. Karena itu, kamu perlu segera ke dokter untuk mendapat penanganan.

3. Jika sering mengonsumsi kopi dan merokok

Kebiasaan minum kopi atau merokok juga membuatmu harus berkunjung ke dokter gigi lebih sering guna membersihkan karang gigi.

Pendiri California Breath Clinics, Dr. Harold Katz menyebut jika orang dengan dua kebiasaan ini perlu membersihkan karang gigi lebih sering yaitu pada jangka waktu 3-4 bulan sekali.

Jadi, kapan waktu yang tepat untuk membersihkan karang gigi? Idealnya setiap 6 bulan sekali, tapi bisa lebih sering jika kamu merasa tidak nyaman dengan kondisi mulut. Ingat, menjaga kesehatan gigi itu penting banget buat kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Tag karang gigi

Terkini