lifestyle

Senin, 7 Oktober 2024

5 Tips Ampuh Mengaplikasikan Makeup di Kulit Berjerawat, Dijamin Flawless!

Nah, di bawah ini ada beberapa tips mengaplikasian makeup di kulit berjerawat.


IndoParents Editor
Ilustrasi. (Freepik/Stockking)

Saat ini makeup sudah menjadi rutinitas sehari-hari karena menjadi salah satu faktor menunjang penampilan dan meningkatkan rasa percaya diri. Namun, ada beberapa hal yang membuat makeup menjadi tidak rata hingga membuat kamu merasa minder.

Hal ini biasanya dikarenakan kulit wajah sedang mengalami breakout atau berjerawat. Nah, di bawah ini ada beberapa tips mengaplikasian makeup di kulit berjerawat untuk membantu menghasilkan makeup lebih flawless.

1. Skin preparation yang baik adalah hal yang wajib

Salah satu kunci makeup flawless adalah skin prepation dengan tepat. Mempersiapkan kulit wajah dengan baik akan membuat makeup menempel dengan sempurna dan kulit wajah tetap terlindungi. Hal pertama yang harus dilakukan adalah double cleansing.

Disarankan memakai produk yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide. Setelah itu memakai toner atau moisturizer dan dilanjutkan dengan sunscreen. Kamu bisa pilih produk berbahan dasar air atau gel supaya tidak menyumbat pori-pori.

2. Pakai primer untuk kulit berminyak

Primer menjadi lapisan yang melindungi kulit dari makeup. Disarankan memilih primer khusus untuk kulit berminyak dan non-comedogenic supaya pori-pori tidak tersumbat.

Manfaat primer untuk kulit berjerawat adalah mencegah makeup langsung bersentuhan dengan jerawat, karena hal tersebut bisa menyebabkan iritasi. Selain itu, primer juga membuat makeup tahan lama.

3. Tutup jerawat atau noda hitam dengan concealer

Peran penting concealer adalah untuk menutupi jerawat atau noda hitam di wajah. Cara memakai concealer supaya hasilnya maksimal adalah dengan cara mengaplikasian secara perlahan, kemudian tap menggunakan jari atau beauty blender.

Pastikan untuk menggunakan produk secukupnya dan jangan terlalu banyak karena akan membuat area berjerawat terlihat lebih mencolok.

4. Liquid foundation menjadi pilihan yang pas untuk kulit berjerawat

Mengapa liquid foundation menjadi pilihan terbaik untuk kulit berjerawat? Hal ini karena liquid foundation berbentuk cair dan mudah menyatu dengan kulit dibandingkan dengan jenis krim atau mausse.

Pilih foundation dengan jenis full coverage dengan klaim non-comedogenic agar tetap menyamarkan jerawat, meratakan warna kulit, dan tidak menyumbat pori-pori. Saat mengaplikasikan foundation disarankan untuk tidak memakai teknik menggosok atau menggeser, tapi gunakan teknik tap memakai beauty blender.

5. Setting Powder untuk mengunci makeup

Penting untuk mengunci makeup dengan setting powder agar membuatnya menjadi lebih tahan lama dan mengontrol minyak berlebih. Aplikasikan setting powder dengan spons atau kuas besar dengan lembut agar tidak menggeser produk makeup di bawahnya.

Itu tadi 5 tips ampuh mengaplikasikan makeup di kulit berjerawat agar lebih flawless dan tahan lama, selain itu juga akan meningkatkan kepercayaan diri kamu.

Tag makeup Kulit Berjerawat

Terkini