health

Jumat, 9 Desember 2022

Mau Begadang Nonton Piala Dunia? Sebaiknya Baca Tips yang Satu Ini Agar Badan Tetap Bugar

dr Nindyasari Laksmita Putri, BMedSci menyarankan masyarakat untuk memperhatikan asupan makanan dan minuman selama menonton pertandingan piala dunia.


Yani
Ilustrasi air minum. (Freepik/jannoon028)

Menonton Piala Dunia menjadi momen yang tidak bisa dilewatkan oleh penggemarnya. Ajang sepakbola bergengsi yang diikuti negara-negara terpilih dari berbagai benua tersebut tidak bisa dilewatkan begitu saja bagi pecintanya meski mengganggu jam tidur.

Agar pecinta bola yang rela begadang menonton ajang empat tahunan tersebut tetap terjaga metabolisme tubuhnya, dr Nindyasari Laksmita Putri, BMedSci, memberikan tips penting untuk menjaga asupan bagi tubuh yang menyaksikan siaran langsung di televisi hingga lewat tengah malam.

Menurutnya, dibutuhkan asupan mineral esensial untuk menjaga metabolisme tubuh kita.

"Menjaga kecukupan air mineral dapat meningkatkan metabolisme tubuh sebanyak 30 persen. Oleh karenanya, Anda tetap harus menjaga asupannya walau sedang asik menonton bola," katanya seperti dikutip Antara.

Ia menilai penting asupan tersebut karena selain memaksa tubuh untuk bangun dalam waktu yang lama, penonton juga mungkin akan duduk di depan televisi selama lebih dari 90 menit.

Maka, jika tidak diimbangi dengan kebiasaan yang sehat, tentu saja dapat juga berisiko mengganggu kesehatan tubuh.

Karena itu, ia menyarankan masyarakat untuk memperhatikan asupan makanan dan minuman selama menonton bola.

"Selama Anda beraktivitas, mineral dalam tubuh Anda akan berkurang, apalagi ketika bergadang, tubuh akan mudah lelah. Oleh karenanya, asupan mineral tubuh harus tetap dijaga, agar tubuh selalu bugar," katanya.

"Selain rajin menyantap sayuran dan buah-buahan, cara paling sederhana, yakni dengan banyak mengonsumsi air mineral dengan kandungan mineral yang berkualitas,” katanya.

Dokter Nindyasari mengemukakan, jika terjadi ketidakseimbangan mineral dalam tubuh akan menyebabkan kelelahan letih lesu, konsentrasi dan energi menurun.

"Sama dengan makanan, bijaklah dalam pemilihan cairan yang akan masuk ke dalam tubuh. Pilihlah air mineral yang mengandung mineral seimbang. Kandungan mineralnya dapat membantu meningkatkan metabolisme dan imunitas, termasuk detoksifikasi dan pencernaan," ucapnya.

"Selain itu, air mineral yang mengandung mineral, akan memiliki rasa yang menyegarkan, sehingga membantu kita untuk banyak minum,” katanya.

Tag mineral piala dunia begadang asupan makanan

Terkini