parenting

Kamis, 16 November 2023

Anak Minum Es Saat Sakit Gigi, Bolehkah?

Ketika nyeri gigi muncul, banyak orang mencari solusi cepat untuk meredakan rasa sakit yang tak tertahankan.


Cahyaningrum
Es batu dan lemon [Pexels.com/Pixabay]

Nyeri gigi dapat menyerang, baik orang dewasa maupun anak-anak. Ini karena kurangnya perhatian terhadap kebersihan gigi dan mulut.

Ketika nyeri gigi muncul, banyak orang mencari solusi cepat untuk meredakan rasa sakit yang tak tertahankan. Beberapa orang memilih mengonsumsi air es sebagai cara untuk meredam serangan nyeri tersebut.

Namun, pertanyaannya adalah, apakah aman bagi anak-anak untuk minum es ketika sedang mengalami sakit gigi?

Banyak yang mengetahui bahwa mengompres area yang sakit dapat membantu meredakan nyeri gigi. Namun, bagaimana dengan minum es ketika mengalami sakit gigi, terutama jika dilakukan oleh anak-anak?

Mengisap es batu dapat memberikan rasa lega pada orang yang sedang mengalami nyeri gigi. Dilansir dari laman Halodoc, es batu dapat dijadikan sebagai obat dengan cara mengisapnya dan membiarkan es tersebut berada di area yang sakit hingga perlahan mencair.

Hal tersebut dapat membantu mengurangi rasa sakit. Es berperan dalam menekan saraf di bagian gusi, meskipun hanya bersifat sementara.

Akan tetapi, beberapa orang, termasuk anak-anak, mungkin memilih mengonsumsi es ketika sakit gigi karena selera mereka. Hal ini boleh dilakukan, selama pastikan bahwa minum es saat sakit gigi tidak menambah kerusakan atau membuat area yang sakit menjadi lebih sensitif.

Jika merasa bahwa minum es dapat memperparah kondisi, disarankan untuk menggunakan sedotan agar cairan tidak langsung bersentuhan dengan gigi dan masuk ke tenggorokan.

Meski demikian, sebaiknya anak-anak dengan gigi yang sangat sensitif menghindari mengonsumsi es saat mengalami sakit gigi. Pada kasus gigi yang hipersensitif, mengonsumsi es dapat memperburuk kondisi, membuat rasa sakit semakin meningkat daripada meredanya seperti yang diharapkan.

Tag anak sakit gigi atasi anak sakit gigi

Terkini