lifestyle

Minggu, 7 Juli 2024

Panduan Clean Eating, Makan Sehat Tanpa Ribet untuk Remaja dan Mahasiswa

Tidak hanya tren viral semata, ini panduan clean eating yang bisa dicoba untuk remaja dan mahasiswa.


IndoParents Editor
Ilustrasi. (pexels/Cats Coming)

Clean eating menjadi salah satu tren yang banyak diikuti saat ini. Tren ini kerap dikaitkan dengan kebiasaan diet. Tidak hanya tren viral semata, ini panduan Clean eating yang bisa dicoba untuk remaja dan mahasiswa.

Metode makan Clean eating ini cukup sederhana namun memiliki banyak keuntungan yang membuatmu bisa lebih sehat dan energik sehari-hari.

Pasalnya, Clean eating adalah gaya hidup yang fokus pada makanan alami dan minim proses. Sebagai penggantinya, kamu akan makan buah, sayur, biji-bijian dan protein sehat serta harus menghindari makanan olahan dan gula.

Dr. Frank Lipman yang adalah seorang ahli kesehatan menyebut bahwa Clean eating membantu tubuh mendapat nutrisi yang maksimal tanpa efek samping.

Manfaat Clean eating

1. Membantu energi lebih stabil

Makanan alami memberikan energi yang lebih stabil daripada makanan olahan yang penuh gula dan lemak jenuh. American Heart Association menyebut bahwa makanan yang minim proses membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

2. Kulit menjadi lebih sehat

Makan banyak buah dan sayur bisa bikin kulit kamu lebih bersih dan bercahaya nantinya. Dr. Jessica Wu menjelaskan bahwa konsumsi buah saat Clean eating ini membantu melawan kerusakan kulit dari radikal bebas.

3. Memperbaiki mood

Makanan sehat tidak hanya baik buat tubuh, tapi juga buat otak serta mempengaruhi mood. Diet yang kaya nutrisi membantu mengurangi risiko depresi serta meningkatkan mood sehari-hari.

Tips Clean eating

1. Konsumsi makanan yang segar

Jika ingin melakukan Clean eating, pastikan kamu memilih makanan segar, seperti buah, sayur, dan protein tanpa lemak. Hindari makanan kemasan yang mengandung banyak bahan tambahan.

2. Kurangi gula dan garam

Kalau harus membeli makanan kemasan, pastikan untuk membaca label makanan. Pastikan mengonsumsi makanan dengan gula dan garam yang sedikit.

3. Minum air putih

Karena tidak mengonsumsi makanan manis yang berlebihan, pastikan untuk konsistem meminum air putih. Tubuh kamu butuh hidrasi yang cukup, karena itu air putih adalah pilihan terbaik.

4. Mengontrol nutrisi yang masuk ke tubuh

Salah satu cara agar sukses Clean eating adalah dengan mengontrol nutrisi yang masuk ke tubuh dengan memasak. Menyiapkan masakan sendiri bisa membantu kamu mengetahui apa saja yang dikonsumsi tubuh.

5. Konsisten

Tips terakhir Clean eating adalah konsisten. Setiap langkah kecil membuatmu mampu mengembangkan kebiasan ini sehari-hari.

Itu tadi panduan Clean eating untuk remaja dan mahasiswa. Clean eating bisa jadi cara asyik buat kamu untuk menjalani hidup lebih sehat.

Tag Clean Eating

Terkini