health

Senin, 19 Desember 2022

Sedang Tidak Enak Makan karena Ada Sariawan? Yuk Kenali Faktor Penyebab dan Cara Mencegahnya

Jika terkena sariawan, tentunya akan membuat makan tidak enak dan juga tidak nafsu. Berikut faktor penyebab sariawan dan cara menyembuhkannya.


Yani
Ilustrasi sariawan.

Saat sariawan, tentunya akan membuat kita merasa tidak enak untuk makan. Apalagi jika sariawan tersebut lebar dan terjadi cukup lama. Namun, persoalannya terkadang kita tidak mengetahui pasti munculnya sariawan tersebut.

Tanpa disadari tiba-tiba muncul rasa sakit dari dalam lipatan bibir yang terlihat seperti luka.

Memang akan sulit untuk mengidentifikasi penyebab munculnya sariawan. Namun, ada beberapa faktor yang diketahui dapat memicu sariawan, seperti kurangnya asupan nutrisi, makan makanan asam atau pedas, kebiasaan merokok hingga penggunaan obat-obatan tertentu.

Dikutip dari Alodokter, ada pula yang tanpa disadari dapat menyebabkan sariawan, yakni:

  • Sikat gigi terlalu keras

Menyikat gigi terlalu keras atau menggunakan bulu sikat yang terlalu kasar bisa memicu lukanya gusi dan permukaan dinding rongga mulut. Luka tersebut yang kemudian memicu munculnya sariawan.

  • Luka tergigit

Terkadang secara tidak sengaja bagian bibir, lidah atau bagian dalam pipi tergigit saat berbicara atau makan. Akibatnya luka tersebut yang kemudian menyebabkan sariawan.

  • Pemakaian kawat gigi

Pemakaian kawat gigi berpotensi menimbulakn gesekan, yakni pada bagian tepi atau ujung kawat gigi dengan permukaan dalam pipi, sehingga menimbulkan luka dan sariawan.

  • Kebersihan mulut yang buruk

Kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut juga menjadi faktor kuman bersarang hingga menyebabkan infeksi. Kondisi tersebut yang kemudian memicu sariawan muncul. Ketika infeksi bakteri itulah terjadi peradangan dan luka di rongga mulut.

  • Rasa cemas dan stres

Perasaan cemas dan stres yang sering kali tidak kita sadari dapat memudahkan munculnya sariawan. Tidak hanya beban emosional, beban fisik yang menyebabkan tubuh kelelahan juga dapat menimbulkan sariawan.

Untuk mengatasi sariawan dan mencegah agar tidak terjadi berulang, tentunya diperlukan beberapa perhatian khusus di wilayah bibir dan mulut, yakni:

  • Jaga kebersihan mulut

Rutin menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi dan sikat gigi berblulu lembut bisa mengatasi sariawan. Selain itu, menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi.

  • Kompres es

Mengompres bagian yang sariawan dengan es bermanfaat meredakan rasa nyeri dan mengurangi peradangan. Biasanya es dikulum dan ditempel di bagian sariawan.

  • Asupan nutrisi

Kekurangan asupan nutrisi seperti Vitamin B12, Zinc, Zat Besi, dan Asam Folat bisa memicu munculnya sariawan. Sehingga, pastikan seluruh asupan nutrisi yang dikandung dalam sayuran hijau dan buah-buahan terpenuhi.

  • Gunakan obat kumur alami

Obat kumur alami yang berasal dari daun sirih, daun saga, dan akar manis (licorice) bisa digunakan untuk obati sariawan. Bahan obat kumur tersebut memiliki sifat antibakteri, antijamur dan antiradang. Tentunya bahan-bahan alami tersebut juga dapat menjaga kesegaran mulut.

Makan makanan pedasa, asam dan panas bisa memicu sariawan. Sehingga perlu menghindari konsumsi makanan tersebut untuk sementara. Pun juga dengan minuman yang terlalu panas juga akan memperparahnya.

Tag sariawan kesehatan mulut bibir luka

Terkini