health

Kamis, 9 Februari 2023

Resep Awet Muda Tyo Nugros: Batasi Konsumsi Garam dan Micin

Konsumsi garam dan micin perlu dibatasi agar tubuh bisa terlihat awet muda seperti Tyo Nugros yang masih kelihatan fit dan bugar.


Yani
Eks Drummer Dewa 19 Tyo Nugros. (Akun IG realnugros)

Penampilan Tyo Nugros yang masih terlihat awet muda di usianya yang sudah 52 tahun menjadi sorotan semua mata. Mantan Drummer Dewa 19 ini masih terlihat ganteng dan tampak tidak terlihat berubah.

Tyo pun membagikan sedikit tips untuk menjaga tubuhnya tetap fit meski usianya sudah tidak muda lagi. Dari unggahan video Instagram @matanajwa. Tyo menyebut, jika dirinya membatasi makan yang mengandung garam dan micin.

"Gosipnya enggak makan garam. Saya bilang, enggak mungkin, orang butuh sodium. Kebetulan mungkin, ini mungkin ada kesempatan ini saya luruskan dikit aja. Kan enggak bagus loh ada orang bilang, enggak makan garam," sambungnya.

Tyo sendiri mengungkapkan, hal tersebut untuk meluruskan informasi yang menyebutnya tidak makan garam. Namun dalam kesempatan klarifikasinya, ia menyebut sebelum menyantap nasi goreng bersama Gitaris Dewa 19 Andra Ramadan yang videonya viral, dirinya sudah mengonsumsi makanan yang mengandung garam pada siang harinya.

"Itu kan jam 7 jam 8 malam. Saya sebelumnya sudah masuk sodium di siang sama di pagi sedikit. Saya udah dapat sodium pagi sama siang. Jadi saya enggak butuh lagi," tuturnya.

Namun tentunya penasaran dong dengan kebiasaan Tyo Nugros yang membatasi mengonsumsi garam serta micin. Dikutip dari alodokter.com, berikut beberapa fakta mengenai micin, yakni:

  • Kerusakan sel saraf

micin atau MSG dengan dosis tinggi dapat menjadi racun bagi yang mengonsumsinya, kerusakan sel saraf bisa kamu alami apabila mengonsumsi MSG dalam dosis diluar yang dianjurkan selama ini.

  • Obesitas dan kegemukan

micin yang kamu masukan dalam masakan dalam jumlah yang besar setiap harinya bisa meningkatkan tubuh mengalami obesitas secara berlebihan, ini bisa dikarenakan efek kenyang yang lebih lama dan dapat menjaga berat badan tidak stabil dan seimbang.

  • Hipertensi

Hipertensi merupakan gangguan kesehatan yang serius. micin yang masuk ke dalam tubuhmu dalam jumlah yang berlebihan dari seharusnya bisa saja menyebabkan peningkatan tekanan darah, dan menyebabkan terjadinya penyakit hipertensi dalam tubuhmu.

Sebagai orang Indonesia, memang sulit untuk tidak memasukan micin ke dalam sebuah masakan, terutama untuk kita penikmat jajanan kaki lima, seperti bakso, mie kuah, dan lain-lain.

Tag tyo nugros awet muda micin garam

Terkini