health

Kamis, 12 Januari 2023

Kapan Waktu yang Tepat Periksakan Gigi Anak ke Dokter untuk Pertama Kali?

Pemeriksaan gigi pada anak ke dokter hendaknya bisa dimulai sejak dini.


Yani
Ilustrasi gigi anak. (Freepik/jcomp)

Kesehatan gigi buah hati tentunya menjadi hal yang penting, apalagi dalam rongga mulut ada berjuta bakteri dan mikroba lainnya yang berpotensi membuat sakit.

Namun, banyak dari orangtua yang biasa bertanya-tanya mengenai waktu kali pertama yang tepat untuk memeriksakan gigi anak saat usia balita. Biasanya hal tersebut dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

"Rekomendasi ke dokter gigi itu paling telat di usia satu tahun atau saat giginya sudah tumbuh satu, misalnya saat usia 6 bulan," ujar Dokter Spesialis Kedokteran gigi anak drg. Eka Sabaty Shofiyah, Sp. KGA seperti dikutip Antara.

Ia mengemukakan, hal tersebut untuk mencegah gigi bermasalah. Lebih lanjut dikatakannya, saat kunjungan pertama, biasanya dokter gigi memberikan edukasi pada orangtua termasuk perawatan gigi anak.

"Nanti ibu sudah tahu melakukan komponen penting kedua yaitu daily home care, setiap anak bisa ada modifikasi tergantung kebiasaan yang sudah terjadi, kondisi orangtua seperti apa," katanya

Setelah kunjungan pertama, biasanya kontrol ke dokter gigi harus dilakukan rutin setiap enam bulan sekali. Kontrol rutin ini dilakukan untuk mengetahui sejak dini bila ada kondisi-kondisi yang mengarah pada gigi berlubang pada tahap yang sangat dini, sehingga nantinya perawatan bisa dilakukan dengan nyaman.

Diakuinya selama ini memang sebagian orang merasa tegang saat harus mengunjungi dokter gigi. Namun ia mengungkapkan, jika masalah gigi bisa ditemukan lebih awal, maka tindakan yang dilakukan tidak akan kompleks. Bahkan bisa menurunkan rasa takut atau khawatir khususnya anak.

"Jadi kita ingin tindakan kepada anak tidak kompleks dan bisa dengan mudah selain bisa menurunkan rasa takut dia, toleransi ke alat-alat itu kita bisa sesuaikan ke alat-alat yang bisa diterima anak," ujarnya.

Sedangkan terkait biaya, ia mengemukakan, mahalnya biaya pada umumnya karena tindakan yang diberikan sudah kompleks.

"Kalau kita bisa lakukan kontrol rutin dan bisa ditemukan kondisinya saat tahap awal itu biayanya juga lebih rendah," katanya.

Tag gigi anak periksa gigi anak kesehatan gigi anak

Terkini