health

Selasa, 17 Januari 2023

Jika Keracunan Cikbul, Lakukan Empat Langkah Ini

Keracunan ciki ngebul kini banyak terjadi pada anak-anak. Berikut langkah penanganannya.


Yani
Ilustrasi ciki ngebul.

Makanan ciki ngebul atau cikbul dalam beberapa waktu belakang memang menjadi tren. Namun, makanan berasap tersebut ternyata membahayakan. Sebab di beberapa daerah dilaporkan ada peristiwa keracunan cikbul hingga beberapa anak harus mendapat perawatan serius.

Jika mengalami cikbul, tentunya perlu ada penanganan untuk mengatasi keracunan cikbul. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi gejala keracunan cikbul, yakni:

Saat ada indikasi keracunan, tentunya salah satu cara yang harus dilakukan yakni menghentikan konsumsi cikbul seketika. Hentikan konsumsinya, dan jangan konsumsi lebih banyak.

  • Minum Air Putih

Saat keracunan muncul pada orang yang mengkonsumsi cikbul, berikan air putih untuk diminum. Hal ini harus segera dilakukan saat gejala awal seperti mual dan muntah mulai muncul. Segera berikan minum air mineral pada orang tersebut.

  • Rendam Air Hangat

Jika nitrogen cair yang ada pada ciki tersebut terkena kulit, maka segera rendam kulit yang terkena nitrogen cair tersebut dengan air hangat. Langkah ini dilakukan agar kulit yang terkena nitrogen cair tidak mengalami kondisi melepuh atau luka bakar.

  • Bawa ke Rumah Sakit

Ketika keracunan terjadi, hal terbaik yang bisa dilakukan yakni membawa orang yang keracunan tersebut ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan medis sesegera mungkin.

Namun yang perlu diingat, jangan memaksa orang memuntahkan cikbul yang sudah tertelan, karena bisa memicu iritasi pada bagian tenggorokan. Sehingga diimbau untuk memawanya ke dokter, dan dapatkan penanganan profesional sesegera mungkin.

Tag cikbul ciki ngebul keracunan ciki ngebul

Terkini