health

Kamis, 8 Desember 2022

Bisa Bahayakan Moms dan Janin, Hindari 4 Posisi Duduk Ini Selama Kehamilan ya!

Duduk memang posisi paling nyaman selama kehamilan, tetapi Moms harus tahu bahwa ternyata ada posisi-posisi duduk tertentu yang bisa membahayakan kesehatan Moms dan janin dalam kandungan.


Cahyaningrum
Ilustrasi ibu hamil sedang duduk dengan posisi nyaman di tempat tidur. (Foto: Pexels/Amina Filkins)

Selama kehamilan, ternyata ada beberapa posisi duduk yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil, karena bisa berisiko bagi kesehatan.

Duduk memang merupakan posisi yang sangat nyaman saat hamil, tetapi sayangnya tanpa disadari ternyata duduk bisa membawa dampak yang berbahaya bagi kesehatan Moms maupun janin dalam kandungan.

posisi duduk memang banyak macamnya. Meski nggak dilakukan dalam waktu lama, tapi tetap bisa menimbulkan risiko kesehatan.

Lantas, posisi duduk yang seperti apa yang tidak dianjurkan selama kehamilan?

Berikut penjelasannya seperti dilansir www.babycenter.com.

1. Duduk Membungkuk
Saat sedang santai di rumah, menonton tv atau mendengarkan radio, mungkin Bunda tidak sadar jika sedang dalam posisi membungkuk.

Namun perlu diketahui bahwa posisi duduk ini merupakan salah satu posisi duduk yang nggak baik dilakukan saat hamil.

Mengapa? Karena ketika duduk dengan posisi membungkuk, maka tubuh akan mengalami ketegangan terutama di bagian sumsum tulang belakang. 

Karena ketegangan yang terjadi, maka sebagai efeknya tubuh tidak akan mampu menahan berat badan Moms yang cenderung meningkat ketika sedang hamil.

Nggak hanya itu, badan yang membungkuk akan membahayakan janin lantaran akan tertekan dengan posisi Moms yang membungkuk.

2. Kaki Menggantung
Saat duduk di kursi yang terlalu tinggi atau saat sedang selonjoran di sofa yang terlalu pendek, posisi duduk Moms dengan kaki menggantung pasti nggak bisa dihindari.

Padahal, posisi tersebut nggak bagus bagi kesehatan ibu hamil, karena duduk dengan posisi kaki menggantung bisa bikin aliran darah menuju ke kaki semakin meningkat.

Peningkatan ini akan menyebabkan kaki mengalami pembengkakan.

3. Duduk Tanpa Sandaran
Selain duduk dalam posisi membungkuk dan kaki menggantung, duduk tanpa sandaran juga berbahaya bagi ibu hamil, lho!

Ini dikarenakan duduk tanpa sandaran bisa membuat tubuh tidak sadar jika dalam posisi membungkuk.

Padahal posisi tubuh yang membungkuk bisa menyebabkan ketegangan di tubuh menjadi meningkat terutama di bagian tulang punggung.

4. Setengah Duduk
Posisi setengah duduk banyak dilakukan saat berada di atas tempat tidur. 
Bahaya posisi ini sama dengan posisi tubuh membungkuk yaitu bisa menyebabkan tekanan di sumsum bagian tulang belakang.

Itulah 4 posisi duduk yang sebaiknya dihindari oleh Moms selama kehamilan demi menjaga kesehatan Moms dan bayi dalam kandungan.
 

Tag posisi duduk ibu hamil Ibu Hamil posisi duduk

Terkini