health

Rabu, 1 Maret 2023

Bahaya Menggunakan Headset Terlalu Lama, Bisa Gangguan Biasa Hingga Kehilangan Pendengaran

Penggunaan headset yang berlebihan dan terus menerus bisa mengakibatkan pendengaran terganggu.


Yani
Ilustrasi orang menggunakan headset dalam perjalanan. (Freepik/DCstudio)

Mendengarkan musik dalam aktivitas keseharian memang sepertinya tidak bisa dipisahkan. Bahkan berbagai inovasi untuk mendengarkan musik dari menggunakan speaker yang besar hingga headset kini sudah jamak dilakukan.

Khusus untuk penggunaan headset, kini sudah menjadi andalan karena bisa dilakukan dalam berbagai aktivitas, semisal naik kendaraan umum, olahraga, bahkan saat tiduran.

Meski begitu, tidak selamanya menggunakan headset secara terus menerus memberikan efek positif bagi kesehatan, apalagi jika volume suara yang didengar terlalu keras. Tentunya, jika hal ini terus dilakukan akan menjadi pemicu gangguan pada kesehatan telinga.

Untuk diketahui, ada tingkat kebisingan yang bisa ditoleransi oleh telinga. Batas toleransi kebisingan sendiri diukur dalam satuan desibel. Untuk suara percakapan normal, misalkan, umumnya memiliki tingkat kebisingan sektiar 60 desibel.

Sedangkan suara yang keras seperti berasal dari bunyi mesin, hingga konser musik rock bisa mencapai sekitar 100–120 desibel. Meski begitu, sebenarnya batas maksimal yang direkomendasikan berada pada 85 desibel. Itu pun dengan catatan tak boleh lebih dari 8 jam tiap harinya.

Penggunaan headset sendiri sebenarnya bisa dikategorikan suara keras. Dilansir dari Alodokter, berikut beberapa efek samping yang akan dirasakan karena sering menggunakan headset, yakni:

- Gangguan pendengaran

Biasanya terjadi setelah terpapar suara keras, walau dalam waktu singkat. Saat mengalami gangguan pendengaran, biasanya akan mengalami kesulitan atau bisa jadi tak bisa mendengar suara secara normal. Gangguan pendengaran seperti ini, biasanya hanya terjadi sementara dan bisa sembuh dengan sendirinya.

- Tinnitus

Kondisi ini terjadi saat mendengar suara berdengung. Dari beberapa penelitian, kebiasaan mendengarkan musik menggunakan headset dengan volume suara tinggi selama 3 jam lebih dapat meningkatkan risiko tinnitus. Hal tersebut bisa diperparah hingga membuat pendengaran terganggu, jika terlalu lama atau sering mendengarkan suara keras.

- Hilangnya pendengaran

Efek samping yang paling membahayakan karena terlalu sering menggunakan headset yakni kehilangan pendengaran. Namun kehilangan pendengaran tidak berlangsung secara cepat, biasanya terjadi secara bertahap dan terkadang baru terdeteksi melalui tes pendengaran.

Jika mengalami kehilangan pendengaran, tentunya akan membutuhkan alat bantu dengar agar bisa berkomunikasi dengan orang lain atau mendengarkan suara.

Tag headset pendengaran telinga

Terkini