health

Jumat, 31 Maret 2023

Apa Saja Penyebab Bau Mulut? Dialami Dustin Tiffani Sampai Bikin Nagita Slavina Tak Nyaman

Masalah pada perut bisa menjadi penyebab bau mulut tak sedap.


Ery Syahria
Ilustrasi bau mulut tak sedap[Pexels.com/cottonbro studio]

Dustin Tiffani disebut bau mulut oleh Nagita Slavina. Momen tersebut terjadi di acara SauRans Net TV pada Minggu (26/3).

Dalam acara tersebut, Nagita diharuskan berinteraksi dengan Dustin. Gigi, sapaan akrab Nagita diminta menjawab tebak-tebakan dan menjelaskannya di dekat Dustin.

Nah, di momen itulah Nagita minta Dustin jangan mendekat karena bau mulut.

"Ya udah sana, nggak usah dekat-dekat, gue bisa," kata Nagita Slavina.

Denny Cagur yang ada di acara tersebut lantas meledek Dustin. Dia menyebut Dustin bau mulut karena minum solar.

Dilansir dari laman Halodoc, mulut tak sedap atau biasa disebut halitosis. Ada banyak penyebab bau mulut yang 80 persen terkait masalah pada kesehatan mulut dan gigi.

Lantas apa saja penyebab bau mulut? Simak berikut ini.

1. Masalah pada perut

Masalah pada perut bisa menjadi penyebab bau mulut tak sedap. Hal-hal seperti pencernaan yang buruk, sembelit, atau masalah pada usus juga sering menyebabkan aroma dari makanan yang baru kamu santap kembali ke mulut kamu.

2. Merokok

Salah satu penyebab bau mulut tak sedap adalah merokok. Seorang perokok mempunyai aroma tembakau yang kuat, sehingga sulit untuk dibersihkan. Dengan merokok juga, Anda dapat meningkatkan risiko penyakit gusi atau kanker mulut. Ketika hal tersebut terjadi dan kamu tetap merokok, bau mulut yang keluar dari mulut semakin tidak nyaman.

3. Obat

Obat juga dapat menyebabkan bau mulut tak sedap. Obat-obat seperti antihistamin dan diuretik bisa menyebabkan mulut kering yang dapat menyebabkan bau mulut. Selain itu, obat lain yang dapat menyebabkan bau mulut adalah suntikan insulin, triamterene (dyrenium), dan Paraldehid.

4. Mulut kering

bau mulut tak sedap bisa disebabkan dari mulut yang kering. Hal tersebut terjadi karena kurangnya produksi saliva di mulut. Saliva atau air liur berfungsi untuk membersihkan mulut secara alami.

5. Masalah kesehatan

Penyebab bau mulut tak sedap bisa disebabkan oleh masalah kesehatan. Penyakit-penyakit seperti infeksi sinus, pneumonia, radang tenggorokan atau infeksi tenggorokan, sariawan, bronchitis, refluks asam, diabetes, intoleransi laktosa, dan beberapa penyakit hati atau ginjal dapat menyebabkan bau tak sedap pada mulut.

6. Tidak memelihara kesehatan gigi

Saat seseorang tak menyikat gigi dengan teratur, sisa makanan yang tersisa di dalam mulut bisa membusuk dan menyebabkan bau tidak sedap. Perawatan gigi yang buruk dapat menyebabkan penumpukan plak di mulut sehingga membuat gigi menjadi rusak.

7. Makanan dan minuman

Makanan adalah salah satu sumber dari bau busuk yang datang dari mulut. Beberapa makanan dengan bau yang pekat, seperti bawang putih, bawang merah, makanan pedas, rempah-rempah eksotis, beberapa keju, ikan, dan minuman asam seperti kopi. Makanan dan minuman tersebut dapat meninggalkan bau yang tidak sedap dan dapat bertahan lama di mulut.

Tag dustin tiffani bau mulut cegah bau mulut penyebab bau mulut

Terkini