health

Kamis, 4 Mei 2023

Yuk Puasa Syawal Mumpung Masih Ada Waktu, Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Puasa bisa mengurangi kerusakan akibat radikal bebas atau detoksifikasi.


Cahyaningrum
Simbol terkait umat Islam Pexels.com/khats cassim]

Bulan Ramadhan telah berakhir dan ditandai dengan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Kendati begitu, umat muslim masih dianjurkan untuk melakukan puasa syawal selama enam hari. Mumpung masih tanggal 13 Syawal, yuk puasa.

Anjuran puasa syawal terdapat dalam hadits yang berbunyi, "Sungguh Rasulullah SAW bersabda, siapa yang berpuasa Ramadhan, kemudian diiringi dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka ia seperti berpuasa sepanjang tahun."

puasa sunnah ini baru boleh dilakukan mulai tanggal 2 Syawal. Bagaimana pelaksanaannya, umat muslim bisa melakukan secara berurutan enam hari atau secara acak.

Selain mendapatkan pahala bagi yang menjalankannya, puasa Syawal juga punya maanfaat untuk kesehatan, sama seperti puasa lainnya.

Lantas, apa saja sih manfaat puasa bagi kesehatan? Simak berikut ini seperti dilansir dari laman siloamhospitals.com:

1. Mengaktifkan Detoksifikasi

puasa bisa mengurangi kerusakan akibat radikal bebas atau detoksifikasi. Detoksifikasi adalah proses tubuh dalam memperoleh gizi yang tepat dengan memberikan kesempatan untuk membuang zat-zat beracun dalam tubuh.

Ketika berpuasa, sistem pencernaan seperti pankreas, hati, lambung, usus halus, dan usus besar beristirahat selama sekitar 12 jam. Di momen ini lah detoks akan berlangsung.

2. Menurunkan Berat Badan

Berpuasa jelas bisa menurunkan berat badan. Sebab, puasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga pembakaran kalori dan lemak juga ikut meningkat. Hal ini akan memicu terjadinya penurunan berat badan dan mencegah terjadinya obesitas.

3. Mengurangi Risiko Diabetes

Risiko terkena diabetes menurun jika Anda berpuasa. Sebab, ketika berpuasa, kadar gula darah cenderung menurun karena tubuh menggunakan cadangan gula sebagai energi.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Orang yang rutin berpuasa memiliki risiko penyakit jantung dan darah tinggi yang lebih rendah dibanding orang yang tak berpuasa. puasa membuat seseorang bisa mengatur pola makannya menjadi lebih sehat.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Berpuasa juga ada pengaruhnya terhadap kesehatan otak. Pasalnya, puasa dapat mendorong produksi protein yang mendukung pembentukan dan perkembangan saraf.

Protein tersebut nantinya mendorong sel induk di otak untuk mengeluarkan sel-sel saraf baru sehingga timbul berbagai reaksi kimia yang berdampak baik terhadap sistem kerja otak. Protein itu juga membantu melindungi sel otak dari kelainan, seperti alzheimer.

6. Mengendalikan Nafsu Makan

Nafsu makan bisa dikendalikan jika Anda sering berpuasa. Pada penderita obesitas, tubuh kesulitan untuk mengatur hormon pemicu rasa lapar. Akibatnya, penderita obesitas cenderung untuk makan secara berlebihan.

7. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Salah satu manfaat puasa adalah membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Ini dikarenakan tubuh tetap mendapatkan asupan makanan saat sahur dan berbuka.

puasa sepanjang hari membuat metabolisme lebih efisien karena adanya pelepasan hormon adiponektin. Hormon ini membantu setiap sel organ dan otot tubuh menyerap lebih banyak nutrisi. Semakin banyak nutrisi yang diserap, semakin baik pula tubuh menjalankan berbagai fungsinya.

Tag puasa puasa syawal

Terkini