health

Selasa, 20 Desember 2022

Yuk Kenali Penyebab Varises dan Cara Menanganinya

Varises bisa terjadi pada siapapun karena beberapa faktor, seperti terlalu lama berdiri atau terlalu lama duduk.


Yani
Ilustrasi varises. (Varises Indonesia)

Varises atau pembengkakan pembuluh darah vena akibat penumpukan darah di dalam pembuluh rentan terjadi pada pria dan wanita yang berat badannya berlebih atau juga orang yang pekerjaannya mengharuskan untuk berdiri atau duduk lebih lama.

Pembengkakan ini pun sebenarnya bisa muncul di bagian panggul, anus (wasir), testis, perut, hati, atau kerongkongan (Varises esofagus).

Konsultan Kesehatan Dokter Zaidul Akbar mengemukakan, umumnya Varises terjadi karena pelebaran pembuluh darah vena yang teradapat pada daerah kaki. Hal itu terjadi karena beban tubuh juga elastisitas pembuluh darah yang berkurang.

"Muncul biasanya karena memang beban tubuh juga yang berlebihan juga bisa. Atau penyebab lain berupa elastisitas dari pembuluh darahnya yang berkurang," ungkap dr. Zaidul Akbar katanya melalui akun YouTube-nya.

Dalam menangani Varises, Dokter Zaidul Akbar memberikan solusi, yakni dengan memperbaiki elastisitas pembuluh darah serta menggunakan produk yang bisa memperlancar hal itu.

"Seperti mungkin kunyit kemudian bawang-bawangan. Itu bisa dikonsumsi nanti salah satunya air putih juga sama," jelasnya.

Selain itu kata ia juga menyarankan juga dilakukan ketika malam hari saat hendak tidur, ada baiknya kalau posisi kaki diangkat lebih tinggi posisinya dari kepala.

Dengan melakukan gerakan tersebut, diharapkan bisa membantu untuk mengurangi beban dari daerah kaki.

Selain itu, solusi pengobatan menggunakan metode bekam juga menjadi salah satu pilihan dalam mengatasi Varises.

Caranya dibekam dengan di daerah sekitar betis bawah dan betis atas.

“Ya untuk memperlancar aliran darah disitu, itu yang saya pahami,” ujar Zaidul.

Tag varises pembengkakan pembuluh darah vena

Terkini