health

Jumat, 3 Maret 2023

Tak Banyak yang Tahu, Ini Manfaat Daun Pandan untuk Ibu Hamil

Beberapa zat yang dimiliki pandan berkhasiat membantu mengontrol gula darah, meningkatkan nafsu makan, dan lainnya


Rafaela Tunggadewi
Ilustrasi daun pandan

Daun pandan yang terkenal dengan aromanya yang wangi biasanya digunakan untuk tradisi masakan Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya. 

Namun, tahukah Anda jika Daun pandan juga memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk ibu hamil.

Beberapa zat yang dimiliki pandan berkhasiat membantu mengontrol gula darah, meningkatkan nafsu makan, mengurangi rasa pegal, dan mengatasi konstipasi pada ibu hamil

Selain baik untuk kesehatan, Daun pandan juga baik dikonsumsi ibu hamil. Beberapa manfaat Daun pandan untuk ibu hamil, yaitu;

1. Meningkatkan nafsu makan

Janin di dalam kandungan bisa kekurangan nutrisi, apalagi saat ibu hamil enggan memperbaiki pola makannya. Untuk itu, Daun pandan bisa membantu Bumil meningkatkan nafsu makan.

Banyak cara untuk mengolah Daun pandan menjadi hidangan yang aman dan sehat untuk dikonsumsi ibu hamil. Namun bila Anda membutuhkan cara sederhana, Daun pandan bisa diminum sebagai air rebusan.

2. Membantu mengontrol gula darah

Daun pandan bisa membantu Bumil mengontrol gula darah setelah makan. Meski tetap diperlukan lebih banyak penelitian lanjutan, tetapi beberapa penelitian awal telah menunjukkan bahwa orang yang minum teh pandan setelah makan cenderung memiliki gula darah lebih rendah. Ini dibandingkan bagi mereka yang tidak meminumnya.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

ibu hamil biasanya mengalami beberapa perubahan kondisi fisik maupun mental selama masa kehamilan. Biasa kondisi yang terjadi pada ibu hamil yakni pusing dan lelah.

Pusing dan lelah yang dialami ibu hamil bisa saja menjadi gejala umum dari tekanan darah tinggi. Ini dapat mendorong terjadinya stroke. Jangan abaikan gejala ini, apabila Bumil tidak ingin menyesal di kemudian hari.

Untuk itu, Bumil harus menjaga pola makan dari beberapa makanan penambah tekanan darah. Mengonsumsi Daun pandan merupakan salah satu cara untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

Adapun manfaat lain dari Daun pandan untuk ibu hamil yang dilansir dari sehatq.com yakni:

-Mengatasi demam

-Mengatasi sakit kepala

-Menurunkan tingkat stress

-Meredakan kecemasan 

-Sebagai antibakteri atau antimikroba

Tag Daun pandan Ibu Hamil

Terkini