health

Jumat, 3 Maret 2023

Sebelum Makan Sate, Simak Salah Satu Bahaya yang Mengintainya

Sate yang dibakar menggunakan arang dengan tidak disertai konsumsi serat bisa membuat radang.


Yani
Ilustrasi Sate. (Freepik/freestockcenter)

Mendengar kata sate, pastinya kita akan mengingat sebagai salah satu makanan favorit orang Indonesia. Makanan sate sendiri sebenarnya bisa menggunakan berbagai jenis daging, mulai ayam, kambing hingga sapi.

Namun tahukah Anda jika terlalu sering memakan sate bisa mengganggu kesehatan?

Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Hematologi-Onkologi Medik dr Faizal Drissa Hasibuan, sebaiknya sate tidak terlalu sering dikonsumsi. Lantaran, sate yang dibakar menggunakan arang dengan tidak disertai konsumsi serat bisa membuat radang.

"Kalau memakai arang dan sering (makan satai yang dibakar dengan arang), tidak disertai konsumsi serat yang cukup, dia akan membuat deposit di permukaan usus, membuat radang karena yang dibakar itu akan menimbulkan oksidasi, yang disebut nitrile amine," katanya seperti dilansir Antara.

Namun Faizal menyebut, risiko radang pada usus menjadi lebih kecil jika diikuti dengan menyantap sate yang dibakar dengan arang, misalnya dilakukan sekali dalam sebulan. Selain itu, lebih banyak menyantap sayuran dan buah serta rutin berolahraga.

"Memang ada risiko kalau yang memakai arang. Kalau yang tidak pakai arang lebih aman," katanya.

Untuk diketahui, menurut beberapa penelitian, daging sate yang dibakar sampai gosong mengandung senyawa mutagen yang sifatnya karsinogen, yakni zat yang menyebabkan sel normal berubah menjadi sel kanker, sehingga pertumbuhan sel akan menjadi tidak terkendali.

Bahkan, jika mengonsuminya juga meningkatkan risiko kanker juga diperbesar oleh enzim sulfotransferase yang ada pada tubuh manusia.

Enzim ini biasanya mengubah zat-zat yang berbahaya menjadi tidak berbahaya, atau sebaliknya dari yang tidak berbahaya menjadi bersifat karsinogen.

Mengetahui efek yang ditimbulkan, alangkah baiknya bila saat menyantap sate bisa mengurangi porsi bumbu kacang pada sate dan jangan makan daging sate pada bagian yang gosong.

Namun yang lebih baik lagi, untuk tidak membakarnya terlalu gosong dan memakan sate dengan ditambahi sayuran hijau yang dapat membersihkan serat daging pada permukaan usus agar meminimalisir terpicunya penyakit kanker.

Tag sate arang kesehatan

Terkini