health

Minggu, 8 Januari 2023

Saran dari Dokter Kandungan Buat Ibu Hamil: Hindari Konsumsi Makanan Mentah

Ibu hamil diminta untuk tidak mengonsumsi makanan mentah, terutama dari darat.


Yani
Ilustrasi ibu hamil.

Bagi ibu yang sedang mengandung atau hamil, lebih baik menghindari konsumsi makanan mentah. Imbauan tersebut disampaikan agar ibu hamil bisa peduli menjaga kesehatan dirinya dan buah hati agar tidak terpapar bakteri dalam makanan mentah.

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan dr Ardiansjah Dara SpOG bahkan menyarankan kepada ibu hamil menghindari makanan mentah, terutama yang berasal dari darat,

"makanan mentah yang mungkin terpapar parasit Toxoplasma harus diperhatikan dan umumnya makanan di darat," ujarnya seperti dikutip Antara.

Toxoplasma gondii yang berasal dari kotoran kucing berisiko masuk ke tubuh manusia melalui makanan atau tumbuhan yang terkontaminasi.

Menurutnya, ibu hamil yang terinfenksi parasit tersebut bisa menularkan infeksi kepada janin melalui plasenta dan mengganggu perkembangan janinnya.

Namun pada beberapa kasus, infeksi Toxoplasma bakal menyebabkan kematian sebagian bayi yang terinfeksi.

"Makanan yang mentah itu ditakutkan ada parasit toxoplasma yang awalnya hidup di saluran cerna kucing. Dia keluar lewat kotoran kucing, di rumput, rumput dimakan sapi dan masuklah ke tubuh sapi," katanya.

Selain itu, sayuran mentah, daging sapi yang tidak dimasak matang juga sebaiknya tidak dikonsumsi ibu hamil.

Ketimbang makanan yang berasal dari darat, menurutnya makanan laut atau seafood relatif lebih aman, seperti ikan salmon yang kaya protein. Selain itu juga sushi dan sashimi.

"Intinya sebaiknya hindari dulu makanan mentah yang berasal dari darat," katanya.

Tag Ibu Hamil makanan mentah mengandung kesehatan ibu hamil

Terkini