health

Jumat, 18 Oktober 2024

Mengenal Clonazepam, Obat yang Ditemukan di Kamar Hotel Liam Payne Setelah Meninggal

Obat ini juga dapat digunakan untuk gangguan kejang atau epilepsi.


IndoParents Editor
Ilustrasi. (Freepik/Jcomp)

Mantan anggota One Direction, Liam Payne, ditemukan meninggal dunia usai jatuh dari lantai 3 hotel Casa Sur, Buenos Aires, Argentina, pada Rabu (16/10/2024).

Pria 31 tahun itu diduga dalam pengaruh alkohol dan obat-obatan sebelum meninggal dunia. Ia juga sempat tidak sadarkan diri di lobi hotel.

Dalam penyelidikannya, polisi setempat menemukan sejumlah barang bukti di kamarnya. Antara lain wiski, obat clonazepam dan pil penambah energi.

Polisi juga menemukan ponsel yang diduga milik Liam serta korek api. Sejumlah barang di dalam kamar hotel sudah kondisi hancur.

Dari semua barang bukti tersebut, apa sebenarnya obat clonazepam?

Berdasarkan laman WebMD, clonazepam merupakan jenis obat untuk gangguan panik atau kecemasan. obat ini juga dapat digunakan untuk gangguan kejang atau epilepsi.

clonazepam menghasilkan efek menenangkan pada otak dan saraf. obat membantu mengurangi kecemasan, mencegah kejang, dan meningkatkan relaksasi.

Ada sejumlah efek samping dari penggunaan clonazepam, yakni kantuk, masalah koordinasi dan berjalan, pusing, depresi, kelelahan, hingga masalah dengan memori.

Selain itu, ada pula efek samping serius dari penggunaan clonazepam, yakni:

  • Reaksi alergi berat yang ditandai dengann masalah pernapasan atau mengi, jantung berdebar kencang, hingga pembengkakan pada kelenjar getah bening, wajah, bibir, mulut, lidah, atau tenggorokan.
  • Pikiran dan tindakan bunuh diri akibat perubahan suasana hati. clonazepam dapat menyebabkan pikiran atau tindakan bunuh diri pada sejumlah kecil orang.
  • Risiki penyalahgunaan dan kecanduan. Penyalahgunaan obat ini dapat menyebabkan efek samping seperti koma atau kematian.
  • Ketergantungan dan reaksi penarikan obat. Misalnya, pengguna harus mengonsumsi obat ini supaya dapat 'berfungsi' dengan baik. Kondisi ini dapat menyebabkan penarikan obat yang mengancam jiwa.

Itulah sekilas dari obat clonazepam. Tidak bisa sembarang dipakai untuk sehari-hari, obat ini harus dikonsumsi dengan petunjuk dari dokter.

Tag Clonazepam Liam Payne obat

Terkini