health

Jumat, 31 Maret 2023

Langsung Tidur Setelah Sahur, Waspada Parents Diincar 6 Penyakit Ini!

Jangan anggap sepele, sering langsung tidur setelah sahur bisa berisiko terkena berbagai penyakit serius lho, Parents!


Cahyaningrum
Ilustrasi tertidur setelah sahur. (Foto: Pexels/Thirdman)

Banyak di antara kita setelah sahur langsung tidur. Padahal kebiasaan tersebut buruk bagi kesehatan pencernaan.

Mengapa? Karena, sistem pencernaan membutuhkan waktu setidaknya 3 jam untuk mengolah makanan sampai menjadi sari makanan.

Selama tidur, hampir seluruh fungsi tubuh berhenti bekerja sementara kecuali jantung, otak, dan paru-paru, sehingga makanan tidak bisa dicerna bila langsung tidur.

Dikutip dari situs UM Surabaya, Pakar Kesehatan dari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya Dede Nasrullah mengungkapkan ada enam risiko penyakit yang bisa dialami orang yang sering langsung tidur setelah sahur. Apa saja? Berikut rinciannya.

1. Refluks asam Gastro-Esophageal Reflux Disease atau GERD 
Saat tertidur akan terjadi pelonggaran klep lambung sehingga menyebabkan asam lambung dalam perut mengalir balik ke bagian kerongkongan.

Panas di dada, tenggorokan panas, mual, bersendawa, dan mulut pahit termasuk gejala yang menunjukkan refluks.

Untuk mencegah kondisi tersebut, Dede menyarankan untuk menunggu setidaknya 3 jam sehingga makanan tersebut dapat diolah secara sempurna.

2. Penumpukan Lemak
Jika setelah makan sahur memutuskan untuk tidur, maka kalori akan tersimpan menjadi lemak. Terutama bila yang dikonsumsi pada saat sahur makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak.

3. Sakit Tenggorokan
Sensasi panas tidak hanya terjadi pada dada, akan tetapi juga terjadi pada tenggorokan dikarenakan hal itu merupakan lanjutan dari efek GERD.

4. Serangan Jantung
Orang yang langsung tidur setelah makan berat bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Bila tekanan darah tidak kunjung menurun dan berlangsung dalam waktu lama, maka akan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner, serangan jantung, stroke, dan penyakit kronis lainnya.

5. Stroke
Langsung tidur setelah sahur juga dapat menyebabkan sistem pencernaan sulit untuk mencerna makanan, sehingga lambung membutuhkan asupan darah yang lebih banyak.

Suplai darah yang terkonsentrasi menuju perut ini dapat membuat otak bisa kekurangan oksigen dan dalam jangka panjang dapat mengakibat stroke.

6. Konstipasi atau Sembelit
Proses pengosongan lambung terjadi kurang lebih 2-3 jam setelah makan. 
Nah, posisi tidur atau berbaring akan menghambat proses pengosongan lambung, jika hal ini terjadi maka akan memicu terjadinya penyakit konstipasi atau sembelit, kesulitan buang air besar.

Itulah 6 risiko penyakit yang bisa dialami bila sering langsung tidur setelah sahur.

Jadi, mulai sekarang jangan biasakan lagi langsung tidur setelah sahur agar terhindar dari masalah kesehatan serius ya Parents.

Tag tidur setelah sahur

Terkini