health

Senin, 23 Januari 2023

Lagi Tren di TikTok, Awas! Ini 4 Bahaya Mandi Lumpur untuk Kesehatan

Sejauh ini, apa yang dilakukan dengan cara mandi lumpur dan disiarkan langsung di TikTok bisa mengurangi beban ekonomi mereka.


Ery Syahria
Ilustrasi orang berlumur lumpur[Pexels.com/Cori Rodriguez]

Media sosial, khususnya di TikTok sedang tren mandi lumpur. Disiarkan langsung lewat aplikasi asal China tersebut, kreator konten berharap mendapat gift yang bisa dicairkan menjadi cuan.

Mirisnya, tren ini juga dilakukan lansia. Terungkap salah satu orang yang menggagas mandi lumpur buat para lansia adalah Sultan Akhyar, seorang pria 29 tahun asal Lombok.

Sultan menemukan ide tersebut di tengah kesulitan ekonomi para lansia di desa tempat mereka tinggal. Sejauh ini, apa yang dilakukan dengan cara mandi lumpur dan disiarkan langsung di TikTok bisa mengurangi beban ekonomi mereka.

Sultan Akhyar bahkan dianggap sebagai pahlawan di desa tersebut. Hanya saja, hal ini juga memantik pro dan kontra. Sultan dianggap mengeksploitasi lansia.

Terlepas dari pro dan kontra tersebut, ada hal yang lebih penting dibahas dari mandi lumpur itu sendiri. Ya, mandi lumpur bisa menimbulkan masalah.

Pasalnya, lumpur yang ada di sekitar kita bisa saja sudah terkontaminasi bahan kimia seperti logam, bahkan feses dan urine makhluk hidup

Dilansir dari laman Klikdokter,  dr. Dyah mengungkap beberapa bahaya untuk kesehatan kulit jika mandi lumpur. Apa saja? Simak berikut ini.

1. Eksim

mandi lumpur bisa menimbulkan efek samping yang buruk pada orang dengan kulit sensitif seperti eksim. 
Bila terkena eksim, kulit bakal menjadi kering berisik, terasa sangat gatal, dan kadang disertai pembengkakan.

2. Gatal dan Timbul Luka

Paparan lumpur yang kotor juga bisa memicu rasa gatal. Bila Anda terus menggaruknya, maka bakal timbul luka terbuka.

3. Kulit Keriput dan Terkelupas

Mandi di air lumpur, apalagi dalam waktu yang lama dapat membuat kulit menjadi keriput. Kondisi ini akan membuat kulit di area tertentu terkelupas, terutama pada telapak kaki atau telapak tangan.

4. Infeksi Kulit

Luka terbuka mengundang bakteri untuk menginfeksi jaringan kulit. Infeksi kulit yang paling umum terjadi adalah selulitis. Infeksi kulit ini menimbulkan kemerahan, pembengkakan, dan nyeri pada area kulit yang terinfeksi.

Bahaya mandi lumpur lain yang mengintai, yakni terbentuknya abses di kulit. Gejalanya mirip dengan selulitis tapi disertai benjolan berisi nanah.

Tag mandi lumpur bahaya mandi lumpur tiktok

Terkini