health

Selasa, 2 Juli 2024

Jadi Penyebab Meninggal Zhang Zhi Jie, Kenali 5 Gejala Henti Jantung Ini

Patut diwaspadai dalam berbagai kondisi, berikut 5 gejala henti jantung yang paling sering terjadi.


IndoParents Editor
Ilustrasi. (pexels/freestocks)

Pada Senin (1/7/2024), PP PBSI memberikan konfirmasi resmi terkait penyebab meninggalnya Zhang Zhi Jie yaitu karena henti jantung. Patut diwaspadai dalam berbagai kondisi, berikut 5 gejala henti jantung yang paling sering terjadi.

Atlet bulutangkis, Zhang Zhi Jie (17) meninggal dunia setelah pingsan ketika bertanding di Yogyakarta pada Minggu (30/6/2024) lalu.

Dalam konfirmasi resminya, PP PBSI menyebut bahwa henti jantung menjadi penyebab awal atlet muda ini meninggal dunia. Pada pemeriksaan awal, petugas kesehatan mendapat Zhang Zhi Jie dalam kondisi penurunan kesadaran.

Dirinya lalu dibawa ke rumah sakit untuk mendapat penanganan medis. Prosedur Pijat Jantung Luar dan beberapa pertolongan sudah dilakukan, namun atlet muda ini tidak memberi respon sirkulasi spontan.

Zhang Zhi Jie dinyatakan meninggal dunia pada pukul 20.50 WIB akibat henti jantung di RSUP Dr Sardjito usai sebelumnya sempat mendapat penanganan di RSPAU Dr S Hardjolukito.

gejala henti jantung

Kondisi henti jantung terjadi ketika jantung tiba-tiba berhenti berdetak. Kondisi ini berbeda dengan serangan jantung meski sama-sama merupakan hal serius yang perlu segera ditangani.

Penting untuk diketahui, berikut kami rangkum 5 gejala henti jantung yang paling sering terjadi dan dialami dalam keadaan tidak terduga.

1. Pingsan mendadak

Gejala paling jelas dari henti jantung adalah pingsan mendadak tanpa ada tanda-tanda sebelumnya. Dr. Michael Sayre dari Ohio State University menyebut bahwa pingsan mendadak bisa jadi tanda henti jantung dan butuh segera ditangani.

2. Detak jantung yang tidak teratur

Jika kamu merasakan detak jantung yang tidak teratur atau sangat cepat, ini bisa menjadi tanda bahwa jantung mengalami masalah serius. Perlu segera mencari penanganan medis ketika mulai merasakan hal ini.

3. Sesak napas

Kesulitan bernapas atau merasa sangat kehabisan napas tanpa alasan yang jelas juga bisa menjadi tanda henti jantung. Sesak napas yang parah bisa menunjukkan bahwa jantung tidak memompa darah dengan baik sehingga bisa berdampak buruk nantinya.

4. Nyeri di dada

Nyeri dada sering dikaitkan dengan serangan jantung, tapi juga bisa menjadi tanda henti jantung. Nyeri ini biasanya terasa seperti ditekan atau berat di dada. Biasanya hal ini membuat kamu menjadi sesak napas.

5. Pusing

gejala henti jantung berikutnya adalah pusing. Meski bisa saja berarti hal berbeda, jika kamu merasa sangat pusing tanpa alasan, segera duduk dan minta bantuan.

Penting untuk diwaspadai, itu tadi 5 gejala henti jantung. Henti jantung adalah kondisi yang sangat serius dan membutuhkan penanganan segera. Mengenali gejala-gejalanya bisa membantu kamu dan orang di sekitarmu mendapatkan pertolongan yang dibutuhkan secepat mungkin.

Tag Gejala henti jantung Penyebab Meninggal Zhang Zhi Jie Zhang Zhi Jie

Terkini