health

Sabtu, 28 Januari 2023

Cimoy Montok Pamer Miras, Yuk Simak Bahaya Konsumsi Minuman Beralkohol

Mengonsumi minuman beralkohol erat kaitannya dengan peningkatan kanker seperti kanker mulut, kanker lambung, kanker hati, kanker lidah, dan kanker usus besar.


Ery Syahria
Ilustrasi minuman beralkohol[Pexels.com/Pixabay]

Selebgram dan artis TikTok Cimoy Montok lagi jadi perhatian warganet. Bukan karena berpakaian seksi, kali ini dia disorot lantaran pamer minuman keras (miras).

Di dalam foto yang diunggah, Cimoy yang memakai pakaian seksi terlihat memegang botol miras. Tak cuma itu, dia juga sambil menggigit rokok.

Aksi Cimoy Montok ini memantik komentar warganet. Tak sedikit yang menilai Cimoy sebagai perempuan yang baru nakal.

Aksi Cimoy juga dianggap norak. Sebab, tak semestinya foto tersebut dipamerkan.

Terlepas dari pro dan kontra kelakuan Cimoy Montok, minuman beralkohol memiliki dampak buruk buat kesehatan, terlebih jika dikonsumsi secara berlebihan.

Apa saja sih bahaya minum alkohol untuk kesehatan? Simak berikut ini seperti dilansir dari laman Alodokter.

1. Risiko kanker meningkat

Mengonsumi minuman beralkohol erat kaitannya dengan peningkatan kanker seperti kanker mulut, kanker lambung, kanker hati, kanker lidah, dan kanker usus besar. Ini sudah terbukti dari berbagai riset.

Kenapa itu bisa terjadi? Ya, alkohol memiliki sifat karsinogen yang bisa merusak sel-sel di tubuh dan memicu munculnya penyakit kanker.

2. Gangguan fungsi hati

Hati adalah organ terbesar di tubuh manusia yang fungsinya menetralisir racun dari dalam darah. Selain itu, hati juga berperan dalam metabolisme lemak atau kolesterol dan produksi protein yang berguna untuk proses pembekuan darah.

Sementara, jika Anda konsumsi alkohol secara berlebih, fungsi hati akan terganggu. Imbasnya, hati akan alami peradangan sehingga Anda bisa terkena berbagai penyakit hati, seperti penumpukan lemak di hati (fatty liver), sirosis, hepatitis alkoholik, hingga kanker hati.

3. Penyakit jantung

Jika dikonsumsi terlalu banyak atau sering, alkohol bisa berbahaya bagi kesehatan dan fungsi jantung. Sebab, jumlah alkohol yang terlalu tinggi dalam darah dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, gangguan irama jantung, dan melemahnya otot jantung. Anda jadi lebih berisiko terkena penyakit jantung.

4. Kerusakan otak

Konsumsi alkohol berlebihan dapat membuat zat tersebut menumpuk di otak. Imbasnya bisa merusak otak serta jaringan saraf.

Berbagai efek buruk pada otak, seperti kesulitan berpikir dan konsentrasi, tubuh gemetaran, mengantuk, dan sakit kepala bisa terjadi jika konsumsi alkohol dalam jangka pendek.

Sementara untuk dalam jangka panjang, alkohol bisa membuat otak rusak secara permanen. Imbasnya,Anda berisiko mengalami gangguan mood, gangguan koordinasi tubuh, penurunan memori, atau penyakit tertentu, seperti stroke, sindrom Wernicke-Korsakoff, pikun atau demensia, dan kecanduan alkohol.

5. Sistem pencernaan terganggu

Konsumsi alkohol secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama juga bisa mengakibatkan terjadinya masalah pada saluran pencernaan. Hal ini bisa membuat nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tidak terserap dengan baik, sehingga Anda dapat mengalami kekurangan nutrisi.

6. Kerusakan pankreas

Pankreas akan bekerja ekstra untuk membantu proses metabolisme alkohol saat Anda mengonsumsi alkohol secara berlebihan. Organ ini bisa mengalami kerusakan dan Anda pun bisa terkena radang pankreas (pankreatitis).

Tag cimoy montok bahaya minum alkohol miras

Terkini