health

Rabu, 22 Februari 2023

Armand Maulana 3 Kali Kena DBD, Yuk Kenala Gejalanya

DBD merupakan salah satu jenis penyakit infeksi.


Ery Syahria
Armand Maulana [Instagram/Armandmaulana04]

Armand Maulana belum lama ini mengabarkan kalau dia kembali terserang demam berdarah dengue (DBD). Ini adalah ketiga kalinya vokalis band GIGI itu kena penyakit tersebut.

Armand sampai dirawat di rumah sakit. Seminggu di sana dan kondisinya membaik, dia pun dibolehkan pulang.

Lewat pengalamannya ini, Armanda Maulana minta agar masyarakat waspada dengan penyakit tersebut. Terlebih, DBD juga bisa menyebabkan kematian.

Lantas apa itu demam berdarah Dengue?

Dilansir dari laman Siloamhospitals.com, DBD merupakan salah satu jenis penyakit infeksi. Penularan penyakit ini cuma melalui perantara nyamuk Aedes Aegypti yang membawa virus dengue.

Mudah dikenali, nyamuk Aedes Aegypti berwarna hitam dengan belang-belang di sekujur tubuhnya. Dia biasa meninggalkan jentik-jentik di genangan air yang bersih.

Gejala DBD mirip dengan gejala akibat virus lain. Sehingga gejala DBD bisa sangat menipu.  

Tapi biasanya, orang akan alami tanda-tanda demam berdarah dalam kurun waktu 4-6 hari usai terinfeksi virus tersebut. Demam tinggi jadi gejala khas penyakit DBD. Bahkan suhunya bica mencapai di atas 38 derajat celcius.

Demam terutama berlangsung pada 1 - 2 hari pertama, dan akan turun pada hari ke 3. Namun, antara hari ke-3 hingga hari ke-5 saat demam lagi turun inilah yang justru merupakan masa kritis DBD. Di kondisi ini terjadi kebocoran cairan dari pembuluh darah yang disertai penurunan nilai trombosit sehingga memerlukan terapi cairan dan observasi ketat.

Sakit kepala berat, nyeri otot, mual dan nyeri ulu hati, tanda-tanda perdarahan seperti mimisan, gusi berdarah, serta timbul bintik-bintik merah pada kulit, juga bisa dialami penderita DBD.

Sementara, ada juga gejala DBD berat. Jika tak segera diatasi bisa menimbulkan komplikasi hingga kematian.

Mengenali tanda dan gejala DBD berat sejak dini sangat penting. demam berdarah yang sudah tergolong parah dapat memengaruhi pembuluh darah dan getah bening, serta jika tidak diobati sejak dini dapat menyebabkan kegagalan sistem peredaran darah.

Berikut adalah tanda dan gejala DBD berat yang perlu Anda waspadai lebih dini:

  • Lemas memberat dan gelisah
  • Penurunan kesadaran
  • Hipotensi (tekanan darah rendah atau semakin turun)
  • Kedua tangan dan kaki terasa dingin
  • Nyeri perut hebat
  • Muntah terus menerus atau muntah hitam
  • Kesulitan bernapas
  • Perdarahan
  • Hasil laboratorium menunjukkan peningkatan hematokrit atau hemokonsentrasi lebih dari 20% dari nilai awal, bersamaan dengan penurunan jumlah trombosit yang cepat di bawah 100.000
  • Hasil foto rontgen menunjukkan adanya penumpukan cairan di paru
Tag armand maulana demam berdarah dbd pencegahan dbd gejala dbd

Terkini