health

Kamis, 27 Juni 2024

Apa Itu Stiff Person Syndrome? Penyakit Langka yang Dialami Celine Dion

Menjadi salah satu penyakit langka yang mengubah hidupnya, apa itu Stiff Person Syndrome?


IndoParents Editor
Ilustrasi. (pexels/Andrea Piacquadio)

Dalam dokumenter yang ia buat, Cline Dion mengungkap perjuangannya melawan penyakit Stiff Person Syndrome atau SPS. Menjadi salah satu penyakit langka yang mengubah hidupnya, apa itu Stiff Person Syndrome?

Celine Dion didiagnosa menderita penyakit Stiff Person Syndrome di tahun 2022 lalu. Efek penyakit langkah tersebut cukup besar sehingga mampu mengubah hidup penyanyi berusia 56 tahun ini.

Dirinya mengaku mengalami kejang selama beberapa menit. Kondisi ini membuatnya berada dalam situasi menyakitkan dan sangat membutuhkan bantuan tenaga medis.

apa itu Stiff Person Syndrome?

Stiff Person Syndrome atau SPS adalah gangguan neurologis yang membuat otot-otot penderitanya menjadi kaku dan menyakitkan. Dalam beberapa kasus, penyakit ini membuat penderita menjadi sulit bergerak dan melakukan aktivitas.

Gejala utama ketika Stiff Person Syndrome kambuh adalah kaku dan kejang otot secara tiba-tiba. Selain itu, berikut kami rangkum beberapa gejala SPS yang paling sering dialami.

  • Kaku otot di area punggung, kaki atau perut
  • Kejang otot secara tiba-tiba
  • Gangguan keseimbangan hingga mudah terjatuh
  • Sensitivitas pada suara, sentuhan dan cahaya

Penyakit Stiff Person Syndrome dianggap sebagai autoimun. Kondisi ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh yang harusnya melindungi justru malah menyerang bagian saraf yang mengendalikan otot.

Jenis Stiff Person Syndrome

1. Stiff Person Syndrome Klasik

Kondisi ini termasuk yang paling umum terjadi dan banyak ditemukan. Jenis ini berkaitan dengan asam glutamat dekarboksilase atau GAD.

2. Stiff Person Syndrome Variants

Jenis Stiff Person Syndrome ini biasanya dikaitkan dengan penyakit lainnya seperti kanker payudara, kanker usus besar, kanker tiroid, kanker paru-paru serta limfoma hodgkin dan non-hodgkin.

3. Stiff Person Syndrome PERM

Jenis ini cukup parah jika dibandingkan dengan lainnya. Pasalnya, orang dengan kondisi ini mengalami penurunan kesadaran, masalah gerakan mata, ataksia dan disfungsi otonom.

Stiff Person Syndrome adalah penyakit autoimun yang langka dan bisa sangat mengganggu kehidupan sehari-hari penderitanya. Meski belum ada obatnya, pengelolaan gejala melalui obat-obatan dan terapi bisa membantu penderita hidup lebih baik.

Tag Apa itu Stiff Person Syndrome

Terkini